THE ROLE AND IMPLEMENTATION OF PANCASILA VALUES AMONG MIDDLE AND HIGH SCHOOL STUDENTS

Authors

  • Rieke Amaylinda Rahmatillah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Gading Rayya Samita Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Damara Altaf Alawdin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ruth Larissa Budi Yustina Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rhea Febriyanti Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Imam Ghozali Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i1.117

Keywords:

implementasi, peran, pancasila

Abstract

The purpose of this study is to evaluate how the values of Pancasila are applied and how schools play a role in supporting their implementation in the school environment. In this study, using quantitative methods and the respondents used were students from junior high school to high school in Surabaya, Jakarta, and Denpasar. The number of respondents used as a sample was 62 students. Data was collected through a Google Form questionnaire consisting of 20 questions. The results of the study show that the application of Pancasila values in the schools studied is quite high, with an average percentage of 92.17%. This research advises schools and educators to increase the role and application of Pancasila values in their school environment.

References

Galuh, *, Yanuar, F., Fazry Yanuar, G., Depriya Kembara, M., Rodihati, R., Alfarissy, S., Hakim, N., & Khusus, P. (2023). Pengetahuan Pelajar Tentang Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mempertahankan Ideologi Negara. GARUDA : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat. 1(1), 55–69. https://doi.org/10.59581/jpkf-widyakarya.v1i1.123

Kartini, D., Dinie, &, & Dewi, A. (2021). IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).

Mutiara, D., Ketua, S., Dpp, U., Marhaenisme, P., & Kurniawaty, J. B. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SISWA (SURVEY PADA SMK SWASTA DI JAKARTA SELATAN) Implementation of Education and Pancasila Values in Student’s Life (Survey at Private Vocational School in South Jakarta). Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan (Vol. 1, Issue 2). https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita

Tirza, J., & Cendana, W. (2021). ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PANCASILA BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN: STUDI KASUS DI UNIVERSITAS XYZ, TANGERANG, INDONESIA. Jurnal Paris Langkis 2(1). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/parislangkis

Khairani, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis implementasi lima nilai karakter pendidikan pada kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1198

Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 5961–5968. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148

Sri Latifah, M. S. (2014). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 24–40.

Nugroho, D. D. B., & Muhroji, M. (2022). Budaya sekolah dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6301 6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3233

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Parida, L., Sirhi, S., & Dike, D. (2019). Habituasi karakter unggul siswa sekolah dasar melalui optimalisasi peran kepemimpinan kepala sekolah di Kabupaten Sintang. Seminar Nasional Pengelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 7, 200 2014. https://doi.org/10.26555/jpsd

Satriadi, D. (2016). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di SDIT Islamicity Tangerang. Jurnal Benefita, 1(3), 123. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i3.874

Aditomo, A., Amani, N. Z., Widiaswati, D., & Arizal, J. (2021). Framework survei lingkungan belajar. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bekerja sama dengan Pusat Studi Pendidikan dan Kebijakan.

Afiyatun, U. (2015). Pengembangan nilai cinta damai untuk mencegah bullying di sekolah dalam rangka membentuk karakter kewarganegaraan (Studi kasus di SMA Kecamatan Gemolong). PKn Progresif, 10(2).

Atmojo, S. (2019). Peran penguatan pendidikan karakter dalam menanggulangi kekerasan pada lembaga pendidikan. Buletin Jagaddhita, 1(2), 1–5.

Gaite, T. (2018). Penanggulangan perilaku bullying melalui program pembinaan karakter. Pedagogika, 6(2), 107–114.

Hadi, Y. (2016). Menghindari kekerasan dalam pengelolaan karakter siswa. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 4(1), 92. http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v4i1.12117

Tiarylla, D. S., Azhima, L. U., & Saputri, Y. A. (2023). Pancasila Sebagai Dasar Negara Di Indonesia. Indigenouse Knowledge, 277-283.

Muttaqin, D., & Widhiarso, W. (2022). MENGUATKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

(Tulisan tentang Islam dalam Kehidupan Sehari-hari & Riswandha Imawan Moh Rifqi Zamzami, 2023)

Published

2024-06-08

How to Cite

Rahmatillah, R. A., Rayya Samita, G., Altaf Alawdin, D., Budi Yustina, R. L., Hidayat, R. F., & Ghozali, I. (2024). THE ROLE AND IMPLEMENTATION OF PANCASILA VALUES AMONG MIDDLE AND HIGH SCHOOL STUDENTS. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), Hal 74–86. https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i1.117

Issue

Section

Artikel