Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Era Digital

Authors

  • Arie Rangga Saputra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan “VETERAN” Jawa Timur
  • Aprelia Puspita dewi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan “VETERAN” Jawa Timur
  • Sahrial Hari purnomo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan “VETERAN” Jawa Timur
  • Siti Nurwahyu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan “VETERAN” Jawa Timur
  • Afika Riska Indarwatin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan “VETERAN” Jawa Timur
  • Imam Ghozali Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i2.137

Keywords:

Public, Civiceducation, Students, Technology

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan memiliki tujuan untuk mengarahkan serta mendidik masyarakat di negara Indonesia agar dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, memberikan wawasan kebangsaan dan yang terpenting agar masyarakat bangga menjadi warga negara Indonesia, khusunya pelajar di Indonesia. Dalam era digital saat ini adanya perkembangan teknologi menekan masyarakat mengenai pemahaman mereka dalam berbangsa dan bernegara. Bagi Pelajar, penting dilakukannya penanaman kesadaran berbangsa dan berbegara agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan. Akan menjadi ancaman besar apabila didalam masyarakat sudah tidak ada lagi yang mempunayi kesadaran dalam berbangsa dan berngara, hal tersebut dapat membuat terpecah belahnhya suatu negara dan dapat menjadi sasaran empuk bagi ancaman bangsa lain. Dalam jurnal ini akan dibahas dan diuraikan betapa pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara di era digital, tantangan yang dihadapi serta pengimplemnentasiannya dalam era digital ini. Dari hasil studi ini dapat ditarik kesimpulan bahwa di era digital ini teknologi yang ada mendukung masyararakat dalam membangun kesadaran berbangsa dan bernegara meskipun terdapat beberapa tantangan namun dengan penanaman pendidikan kewarganegaraan dapat membantu dalam proses pengimplementasiannya.

References

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., & Murod, M. (2023a). Kajian Integrasi Nasional dalam NKRI Tidak Dapat Diubah dan Sumpah Pemuda Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 270–283.

Maftuh, Bunyamin. (2008). Pendidikan Resolusi Konflik: Membangun Generasi Muda yang Mampu Menyelesaikan Konflik Secara Damai. Bandung: CV Yasindo Multi Aspek.

Santoso, G., Hidayat, M. N. S., Murod, M., Susilahati, Solehudin, & Asbari, M. (2023). Transformasi Literasi Informasi Guru Menuju Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 100–106.

Lestari, D. P., Maisaroh, S., & Santoso, G. (2023). Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra) Harmoni dalam Kehidupan Beragama Pancasila sebagai Pilar Utama Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ). 02(02), 117–126.

Rahadi, Afif Imam; Najicha, Fatma Ulfatun. (t.t) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SARANA PENTING DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. p01.

Budi, A. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Sari, M., & Nugroho, R. (2020).

Literasi Digital dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Utomo, H. (2018).

Implementasi Teknologi dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Surabaya: Universitas Airlangga Press. Wahyudi, E. (2017).

Peran Media Sosial dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta. Yulianti, D. (2021).

Strategi Pembelajaran Kewarganegaraan di Era Digital. Semarang: Universitas Diponegoro Press.

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Published

2024-08-18

How to Cite

Saputra, A. R., dewi, A. P., purnomo, S. H., Nurwahyu, S., Indarwatin, A. R., & Ghozali, I. (2024). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), Hal 161–167. https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i2.137

Issue

Section

Artikel