PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.178Keywords:
Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Karakter, Rasa NasionalismeAbstract
Pendidikan kewarganegaraan memainkan peran penting dalam membangun rasa nasionalisme pada generasi berikutnya. Pendidikan ini dimaksudkan untuk memperkuat semangat nasionalisme dalam menghadapi globalisasi dan multikulturalisme dengan menanamkan pengetahuan tentang nilai-nilai kebangsaan, toleransi terhadap keragaman, dan rasa tanggung jawab terhadap negara. Pendidikan kewarganegaraan juga berperan dalam mentransmisikan prinsip-prinsip nasionalis, dengan tujuan mengembangkan orang-orang yang mencintai negara mereka, menghargai keragaman budaya, dan bersedia untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan komunitas yang lebih besar. Sebagai hasilnya, pendidikan ini sangat penting dalam mengembangkan pola pikir generasi penerus yang memiliki rasa nasionalisme yang kuat dan tahan lama.
References
Akbal, M. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembangunan karakter bangsa. Gadjah Mada University.
Artawan, P. (2023). Pengantar Ilmu Pendidikan: Teori, Konsep Dan Aplikasinya. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aulia, S. S. (2019). Pendidikan kewarganegaraan dalam lingkup sosio-kultural pendidikan non-formal. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan .
Cahyani, K. a. (2021). Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter peserta didik agar menciptakan siswa yang berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha.
Hanim, M. I. (2023). MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN SPEAKING, READING, AND WRITING. PADA DUNIA PENDIDIKAN.
Komalasari, D. A. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Umsida Press.
Mustari, M. &. (2014). Manajemen pendidikan. UINSGD.
Nasozaro, H. O. (2019). Pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan kewarganegaraan. Warta Dharmawangsa.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vidi Julius Marpaung, Harfi Ahmad Naufan, Rendy Aditya Aldy Wijaya, Naufal Zaka Putra Gifa, Rio Bagus Utomo, Imam Ghozali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit atau JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.