Membangun Kesadaran Kewarganegaraan, Pancasila, dan Bela Negara Melalui Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.183Keywords:
Analisis, bela negara, Siswa SMPAbstract
Bela negara terhadap para siswa menengah pertama yang berada di perbatasan memang cenderung kurang mendukung. Hal tersebut disebabkan interaksi dengan negara tetangga lebih sering dilakukan. Lokasi yang menjadi obyek penelitian berjarak sekitar 4 jam dengan berjalan kaki dari tapal batas. Akan tetapi, rasa kebanggaan dari para siswa kental dengan mengandalkan barang-barang dari luar negeri. Realita atas hal tersebut disebabkan kebutuhan, bukan keinginan. Yang artinya apabila mau ke pusat Kabupaten, para siswa haru menempuh perjalanan yang lebih panjang jika dibandingkan bepergian ke negara seberang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sikap bela negara para siswa terbukti dengan baik
References
Hastangka, dkk, “Pemetaan Model Pembelajaran Pancasila Pada Perguruan Tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal Ilmiah CIVIS, vol. IX, no. 1, 2020.
Juri, “Analisis Sikap Bela Negara Siswa Pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Ketungau Hulu”, Jurnal PEKAN, vol.3, no.2, 2018.
Kartika, I Made dkk, Tri Hita Karana Sebagai Landasan Mewujudkan Kepemimpinan Pancasila, Universitas Dwijendral Denpasar: Prosiding Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi dan Humaniora – InoBali, 2019.
Mahendra, Kartika, “Memperkuat Kesadaran Bela Negara Dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian”, Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, vol. 8, no. 3, 2020.
Oktanisa, S, Marshinta, U, dkk, “Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no.1, 2023.
Undang-Undang Dasar Negara RI 1945
Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia
Undang-Undang Nomor 56 Tahun 1999 tentang Rakyat Terlatih
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alpin Aditya Putra Pradana, Muhammad Faizal Baihaqqi, Rayhan Adin Cahyono, Mohammad Fairuz Rizal, Raffly Jusuf Chairully Arbina, Imam Ghozali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit atau JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.