Peran Pendidikan Pancasila Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Siswa SMA: Kajian Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.500Keywords:
Legal Awareness, National Values, High School Students, Civic EducationAbstract
Kesadaran hukum merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter warga negara yang taat hukum dan bertanggung jawab. Di tengah meningkatnya pelanggaran hukum yang melibatkan pelajar, muncul kebutuhan mendesak untuk memperkuat pemahaman hukum sejak dini melalui pendidikan. Pendidikan Pancasila sebagai salah satu mata pelajaran yang menanamkan nilai-nilai dasar kebangsaan memiliki potensi strategis dalam membentuk kesadaran hukum siswa. Namun, dalam praktiknya, terdapat kesenjangan antara tujuan normatif Pendidikan Pancasila dengan realitas pemahaman hukum siswa di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis Pendidikan Pancasila dalam menata kesadaran hukum bagi siswa SMA melalui pendekatan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menelaah buku-buku ilmiah, jurnal nasional, prosiding, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila seperti keadilan, tanggung jawab, dan kepatuhan terhadap norma sosial dan hukum memiliki relevansi kuat dalam membentuk sikap hukum siswa. Namun, penguatan peran ini memerlukan pendekatan pedagogis yang kontekstual dan partisipatif. Simpulan dari kajian ini menyatakan bahwa Pendidikan Pancasila dapat menjadi instrumen kunci dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa, asalkan diintegrasikan secara sistematis dan aplikatif dalam proses pembelajaran di sekolah
References
Adiyatma, M. R. (2023). Peran Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Pengaruhnya terhadap Pengembangan Etika Dan Moral. National Conference for Ummah, 1(1). https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1098
Alisah, P. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Dan Disrupsi Sosial. Jurnal Pusat Studi Pancasila Dan Kebijakan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62734/jurnalpuspaka.v1i2.371
Amalia, F. R., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme Dan Cinta Nkri Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2511
Anugrah, & Rahmat. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403
Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1442
Bramantyo, R. Y., & Suwarno, S. (2020). Membangun Kesadaran Hukum dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 124–136. https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.627
Fadillah, E. N., & Kuswanto, feri. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55732/jmi.v3i2
Gufran, & Rostati. (2025). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Generasi Muda: Kajian Pustaka. JPK: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 02(01). https://doi.org/10.56842
Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/PendidikanKewarganegraandalamMenjawabTantanganMasaDepanBangsaDitengahArusGlobalisasi
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika, 17(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419
Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(2). https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita
Lubis, T. S. (2021). Reformulasi Hukum Penanganan Tindak Pidana Kekerasan Di Lingkungan Pendidikan Dalam Upaya Perlindungan Profesi Guru. Jurnal Ilmu Hukum, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30596/dll.v6i1.4660
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2023(1), 357–366. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/141
Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3553
Saputra, A. R., Dewi, A. P., Purnomo, S. H., Nurwahyu, S., Indarwatin, A. R., & Ghazali, I. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i2.137
Sila, I. M. (2024). Membangun Kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Civic Education Research, 2(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.60153/Jocer.V2i1.49
Subianto, J. (2016). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Wardoyo, Y. P., Cholidah, T., & Suwandayani, B. I. (2022). Pendampingan Sekolah Ramah Anak Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Sejak Dini Pada Siswa Di Sd Muhammadiyah 3 Assalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 1663–1670. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v3i1.2402
Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 9(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6388
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anwar Ibrahim, Arica Safitri, Della Machza Nurkhaliza, Desman Zaya Gea

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit atau JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.