Peran Pendidikan Pancasila Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Siswa SMA: Kajian Pustaka

Authors

  • Anwar Ibrahim Universitas Pamulang
  • Arica Safitri Universitas Pamulang
  • Della Machza Nurkhaliza Universitas Pamulang
  • Desman Zaya Gea Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.500

Keywords:

Legal Awareness, National Values, High School Students, Civic Education

Abstract

Kesadaran hukum merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter warga negara yang taat hukum dan bertanggung jawab. Di tengah meningkatnya pelanggaran hukum yang melibatkan pelajar, muncul kebutuhan mendesak untuk memperkuat pemahaman hukum sejak dini melalui pendidikan. Pendidikan Pancasila sebagai salah satu mata pelajaran yang menanamkan nilai-nilai dasar kebangsaan memiliki potensi strategis dalam membentuk kesadaran hukum siswa. Namun, dalam praktiknya, terdapat kesenjangan antara tujuan normatif Pendidikan Pancasila dengan realitas pemahaman hukum siswa di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran strategis Pendidikan Pancasila dalam menata kesadaran hukum bagi siswa SMA melalui pendekatan studi pustaka. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menelaah buku-buku ilmiah, jurnal nasional, prosiding, dan dokumen kebijakan pendidikan yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai Pancasila seperti keadilan, tanggung jawab, dan kepatuhan terhadap norma sosial dan hukum memiliki relevansi kuat dalam membentuk sikap hukum siswa. Namun, penguatan peran ini memerlukan pendekatan pedagogis yang kontekstual dan partisipatif. Simpulan dari kajian ini menyatakan bahwa Pendidikan Pancasila dapat menjadi instrumen kunci dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa, asalkan diintegrasikan secara sistematis dan aplikatif dalam proses pembelajaran di sekolah

References

Adiyatma, M. R. (2023). Peran Pancasila sebagai Fondasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Pengaruhnya terhadap Pengembangan Etika Dan Moral. National Conference for Ummah, 1(1). https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1098

Alisah, P. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Dan Disrupsi Sosial. Jurnal Pusat Studi Pancasila Dan Kebijakan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62734/jurnalpuspaka.v1i2.371

Amalia, F. R., & Najicha, F. U. (2022). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Lunturnya Nilai Nasionalisme Dan Cinta Nkri Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2511

Anugrah, & Rahmat. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22–34. https://doi.org/10.53299/jppiv4i1.403

Belladonna, A. P., & Anggraena, S. N. (2019). Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31571/pkn.v3i2.1442

Bramantyo, R. Y., & Suwarno, S. (2020). Membangun Kesadaran Hukum dan Demokrasi: Revitalisasi Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa SMAN 7 Kota Kediri. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 124–136. https://doi.org/10.30957/cendekia.v14i2.627

Fadillah, E. N., & Kuswanto, feri. (2024). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55732/jmi.v3i2

Gufran, & Rostati. (2025). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Generasi Muda: Kajian Pustaka. JPK: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 02(01). https://doi.org/10.56842

Haliza, V. N., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegraan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan Bangsa Ditengah Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(2). https://doi.org/PendidikanKewarganegraandalamMenjawabTantanganMasaDepanBangsaDitengahArusGlobalisasi

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika, 17(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419

Kurniawaty, J. B. (2022). Penerapan Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(2). https://journal.unindra.ac.id/index.php/jagaddhita

Lubis, T. S. (2021). Reformulasi Hukum Penanganan Tindak Pidana Kekerasan Di Lingkungan Pendidikan Dalam Upaya Perlindungan Profesi Guru. Jurnal Ilmu Hukum, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30596/dll.v6i1.4660

Mihit, Y. (2023). Dinamika dan Tantangan dalam Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi: Tinjauan Literatur. EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies, 2023(1), 357–366. https://jurnal.litnuspublisher.com/index.php/jecs/article/view/141

Mufatikhah, N., Rondli, W. S., & Santoso. (2023). Strategi Guru Dalam Motivasi Belajar PPKn Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 465–471. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4667

Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3553

Saputra, A. R., Dewi, A. P., Purnomo, S. H., Nurwahyu, S., Indarwatin, A. R., & Ghazali, I. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membangun Kesadaran Berbangsa dan Bernegara di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i2.137

Sila, I. M. (2024). Membangun Kesadaran Hukum Warga Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Journal of Civic Education Research, 2(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.60153/Jocer.V2i1.49

Subianto, J. (2016). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757

Wardoyo, Y. P., Cholidah, T., & Suwandayani, B. I. (2022). Pendampingan Sekolah Ramah Anak Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Sejak Dini Pada Siswa Di Sd Muhammadiyah 3 Assalam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(01), 1663–1670. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v3i1.2402

Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, 9(1). https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6388

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.

Published

2025-04-30

How to Cite

Ibrahim, A., Safitri, A., Machza Nurkhaliza, D., & Zaya Gea, D. (2025). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Menata Kesadaran Hukum Bagi Siswa SMA: Kajian Pustaka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal 1–9. https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.500

Issue

Section

Artikel