KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENDIDIKAN MENURUT PERSPEKTIF ISLAM
Isi Artikel Utama
Saifuddin Zuhri
Imam Ghozali
Moh Riswandha Imawan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan anak menurut perspektif Islam yang dimulai dari keluarga. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara orangtua mendidik anak dalam perspektif Islam, mengetahui pola asuh orangtua terhadap anak menurut perspektif islam, dan bagaimana hasil yang telah dicapai oleh orangtua setelah mengajarkan pendidikan kepada anak tentang agama islam melalui komunikasi interpersonal yang terjadi antara orang tua dengan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tataran analisis deskriptif melalui pertanyaan yang kepada narasumber melalui wawancara atau interview sehingga peneliti mendapatkan informasi secara jelas dan terperinci dari narasumber. Penelitian ini melibatkan narasumber yang berjumlah 10 orang yang terdiri dari 5 pasang orang tua dengan anaknya. Anak yang berada dalam penilitian ini memiliki umur antara 9-13 tahun dan rata-rata berstatus sebagai pelajar SD-SMP. Dari penelitian ini peneliti dapat menemukan kecenderungan orang tua untuk mengajarkan kepada anak pendidikan karakter islami sejak usia dini. Karena pada usia dini seorang anak sedang membentuk dan menciptakan karakter diri.
Abdul Mustaqim, Menjadi Orangtua Bijak, Solusi Kreatif Menangani Pelbagai Masalah Pada Anak. Bandung: Al-Bayan Mizan. 2005.
Abdurrahman, Dudung. 2012. Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Klasik hingga Modern. LESFI.
Amrillah, Taufik. 2017. Memahami psikologi Perkembangan Anak Bagi Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal An-Nahdhah, vol. 11 No. 2, 2
Bernadet Maress, Bernadet. Manfaat Psikologi Pendidikan Bagi Anak Usia Dini. 2018.
Departemen Agama, Al-Qur’an dan Terjemahannya. Depag RI, 1990.
Elizabeth,H.,Hurlock (1980).Psikologi Perkembangan : Akhir Masa Anak-anak. (5th ed) Jakarta: Erlangga
Koentowibisono, Beberapa Hal Tentang Filsafat Ilmu, Sebuah Sketsa Umum Sebagai Pengantar Untuk Memahami Hakekat Ilmu dan Kemungkinan Pengembangannya, Yogyakarta, IKIP PGRI,1988.
Lexy J. Moleong. 2005. metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
M. Arifin, Filsafat Pendiddikan Islam, Jakarta, Bumi Aksara 1991.
Munawar Ahmad Anees, “Menghidupkan Kembali Ilmu” dalam AL-HIKMAH, jurnal studi-studi Islam, Juli Oktober 1991.
Pemerintah Indonesia. 1979. Undang-Undang No. 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Lembaran Negara RI Tahun 1979, No. 3143. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 1997. Undang-Undang No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 1997, No. 3668. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 1999. Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Tambahan Lembaran Negara RI Tahun 1999, No. 3886. Sekretariat Negara. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. 2002. Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Lembaran Negara RI Tahun 2002, No. 109. Sekretariat Negara. Jakarta.
Setiady, Tholib. 2010. Pokok-Pokok Hukum Penitensier Indonesia. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian Dan Penilaian Pendidikan,Bandung: Sinar
Baru Algesindo, 2001
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-pendidikan.htmldiakses pada tanggal 26 November 2019 pukul 12.31
http://prasko17.blogspot.com/2013/02/macam-macam-pendidikan-dan-jenjang.htmldiakses pada tanggal 26 November pukul 12.46
https://www.uin-malang.ac.id/blog/post/read/131101/konsep-belajar-menurut-pandangan-islam.htmldiakses pada tanggal 25 November pukul 20.43
http://news.rakyatku.com/read/47833/2017/05/06/pengertian-orang-tua-serta-tanggung-jawabnya-terhadap-anak diakses pada tanggal 11 Desember pukul 21.37
https://dalamislam.com/hukum-islam/anak/kedudukan-anak-dalam-hukum-islam diakses pada tanggal 9 Desember pada pukul 21.34
https://harunalrasyidleutuan.wordpress.com/2010/01/22/ilmu-menurut-perspektif-islam-dan-ilmuwan-barat/diakses pada tanggal 9 Desember pada pukul 18.55
https://pondokibu.com/psikologi-pendidikan-anak-usia-dini.htmldiakses pada tanggal 12 Desember pada pukul 16.44
https://www.kompasiana.com/inkaesti/5dafb8ca097f3615397c4a72/essay-manfaat-psikologi-pendidikan-bagi-anak-usia-dini?page=alldiakses pada tanggal 12 Desember pada pukul 14.43
https://www.kompasiana.com/ilham_durtigs/550b1cea813311ef17b1e2f9/pengertian-arti-dari-makna-orang-tua diakses pada tanggal 18 Desember pada pukul 12.43