Strategi Negosiasi dalam Transaksi Jual-Beli di Facebook dalam Meningkatkan Bisnis di Era Digital
Isi Artikel Utama
Artikel ini membahas tentang preferensi dan strategi negosiasi dalam proses transaksi jual beli didalam aplikasi Facebook dan strategi negosiasi yang efektif demi meningkatkan keberlangsungan bisnis di era digital ini. Tujuannya untuk mengetahui bagiamana proses negosiasi yang efektif saat bertransaksi melalui aplikasi Facebook. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yang akan digunakan peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, subjek penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yakni penjual dan pembeli yang bertransaksi di Facebook. Hal tersebut dilakukan dengan menggambarkan variabel demi variabel atau satu persatu. Dari metode tersebut didapatkan bahwa mereka lebih memilih Facebook dengan alasan harga yang lebih terjangkau dan kondisi barang yang dapat dijawab jika dibandingkan dengan aplikasi lain. Beberapa dari mereka menggunakan strategi kreatif seperti melakukan kesepakatan agar mendapatkan win-win solution dalam melakukan negosiasi demi mendapatkan deal antara penjual dan pembeli. Sehingga dengan cara tersebut dapat meningkatkan bisnis dalam era digital ini melalui platform jual beli seperti Facebook.
Agusti, R., & Aravik, H. (2023). Analisis Penggunaan Marketplace Facebook Terhadap Penjualan Mebel Dalam Bauran Pemasaran Syariah Di Supran Mebel Karang Anyar Palembang. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JURBISMAN), 1(2), 275–290.
Dewi, A. M. (2018). Pengaruh Iklan Online Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Bagi Peningkatan Penjualan Produk Kuliner Lokal. Ekonika, 3, 1–22
Hadi, R. (2018). Buku Ajar Komunikasi Bisnis. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Kurniawan, A. A., Pribadi, P., Subhi, F. A., & Al Ghazali, H. (2023). Forum Jual Beli Facebook Dan Facebook Marketplace Solusi Pemasaran Produk Perikanan. Nusantara Hasana Journal, 3(4), Page.
Lantang, Purwanto, Komunikasi Bisnis Perspektif Konseptual dan Kultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)
Melinda, T. (2024). Strategi Negoisasi Yang Efektif Dalam Lingkungan E-Commerce Untuk Meningkatkan Kesepakatan Bisnis Di Era Digital. Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 3(2), 133–144.
Qisthyna, E., Saerang, D. P. E., & Rumokoy, F. S. (2018). Forum Jual-Beli Di Sulawesi Utara) Sosial Media Sebagai Sebuah Media Dalam Keterlibatan Pelanggan (Studi Kasus: Facebook Forum Jual-Beli Di Sulawesi Utara). Social Media… 3753 Jurnal EMBA, 6(4), 3753–3762.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Tazkiya, A. (2021). Meraih Keberhasilan Negosiasi Bisnis Melalui Keterampilan Berkomunikasi. 1, 345–358.
Wahyudi, K. A. (2024). Pengaruh E-Commerce Tokopedia Dan Marketplace Facebook Terhadap Media Jual-Beli Digital. 2(1).
Zahra, S. A., Nur, M. H., & Utama, R. E. (2023). BISNIS DIGITAL (E-BUSINESS). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial, 2(9), 31–40.
Zebua, R. S. Y. (2023). BISNIS DIGITAL (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).