PERANAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENGUATKAN NASIONALISME PADA KALANGAN MAHASISWA DI UPN ‘VETERAN’ JAWA TIMUR
Isi Artikel Utama
Saifuddin Zuhri
Alya Nafisah
Nadia ‘Aisyiyah
Fita Diana
Rafli Ardiansyah
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana pendidikan kewarganegaraan di lingkungan universitas berkontribusi terhadap kebangkitan nasionalisme mahasiswa. Strategi ini dilaksanakan dengan memasukkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kurikulum pendidikan tinggi untuk menciptakan manusia dengan rasa identitas kebangsaan yang kuat, kapasitas untuk menyelesaikan perselisihan secara damai, dan pengembangan karakter moral. Pengamatan langsung interaksi antara instruktur dan siswa, sifat debat kelas, dan keterlibatan siswa dalam inisiatif yang memajukan cita-cita sipil dan nasional digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa universitas memiliki kekuatan untuk mempengaruhi rasa nasionalisme siswa melalui pendidikan kewarganegaraan. Cara efektif untuk meningkatkan kesadaran nasional termasuk mengambil bagian dalam acara-acara komunitas, mengadakan seminar tentang sejarah nasional, dan melakukan percakapan tentang prinsip-prinsip Pancasila.
Muhsinin, Nazil, A., Parizal, F., Rohmatulloh, R., Hasnaul, S., & Mila. (2023). Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, and Dan Bisnis. “PENGARUH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DAN MORAL MAHASISWA.” . ADVANCES in Social Humanities Research. Vol. 1.
Trisiana, A. (2020). PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan: Volume 10,Nomor 02 November 2020.
Kurnia, H., Maya, A. B., & Paiman. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Muhammadiyah Mlati Sleman. AoSSaGCJ, Vol. 2, Issue 2, 45-60.
Sofyan, F. S., & Sundawa, D. (n.d.). HUBUNGAN MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN PENINGKATAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN SEMANGAT NASIONALISME MAHASISWA . JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 24, No. 2, Edisi Desember 2015.
Suryadi. (2021). NASIONALISME DAN INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Mubtadiin, Vol. 7 01 Januari-Juni.
Sakman, & Bakhtiar. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dan Degradasi Moral di Era Globalisasi. Supremasi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, 14(1), 1-8. p-ISSN 1412-517X, e-ISSN 2720-9369.
Mahardika, I. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Primagraha. Vol 02 No 02, 8-16. ISSN Online: 2597-3606.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).



