PENTINGNYA PEMAHAMAN WAWASAN NUSANTARA BAGI GENERASI Z UNTUK MEMBANGUN NASIONALISME

Authors

  • Nur Fajriyah Alfinatun Nikmah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Annisa Nur Fadhilah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Intania Syafira Mukhofifah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Arista Salsabila Hermanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Tsamarah Adilah Re Falda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Imam Ghozali Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.175

Keywords:

Generasi Z, Nasionalisme, Media Sosial, Kewarganegaraan

Abstract

Pemahaman tentang Wawasan Nusantara memiliki peran yang sangat penting bagi generasi Z dalam membangun nasionalisme. Wawasan Nusantara adalah konsep geopolitik dan kebangsaan yang menekankan kesatuan dan kesatuan wilayah, suku, budaya, dan agama di Indonesia. Generasi Z, sebagai generasi yang tumbuh di era digital dan globalisasi, menghadapi tantangan unik dalam mempertahankan identitas nasional dan rasa cinta tanah air. Kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan dapat mengakibatkan melemahnya semangat nasionalisme dan persatuan. Oleh karena itu, edukasi mengenai Wawasan Nusantara perlu diintensifkan melalui berbagai strategi yang sesuai dengan karakteristik generasi ini, seperti penggunaan teknologi informasi, media sosial, dan pendekatan kreatif lainnya. Dengan pemahaman yang mendalam tentang Wawasan Nusantara, generasi Z diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu menjaga keutuhan NKRI serta memperkuat rasa kebersamaan dan nasionalisme di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

References

Abednego Purba, A. N. (Desember 2022). Upaya Peningkatan Pemahaman dan Pentingnya Wawasan Nusantara Bagi Mahasiswa Ilmu Sosial. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Anggi Ayu Wijayanti, N. S. (2022). PERAN PANCASILA DI ERA GLOBALISASI PADA GENERASI Z. INTELEKTIVA.

Azzahra, A. (2024). Peran Gen Z Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. ResearchGate.

Bagus Zahir Tegar Afif, F. U. (n.d.). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme, Etika, dan Kepedulian terhadap Negara pada Generasi Z untuk Menghadapi Era Society 5.0.

Dwi Gili Adzhari, A. A. (2022). Jejaring Sosial sebagai Wadah Pengenalan Wawasan Nusantara Era Digital di Kawasan Gunungpati Semarang. JURNAL IMPLEMENTASI.

Intan Purnama, ,. A. (2023). URGENSI WAWASAN KEBANGSAAN PADA GENERASI Z DI TENGAH DERASNYA ARUS GLOBALISASI. Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Lilis Dewi Ratih, F. U. (2021). WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN RASA DAN SIKAP NASIONALISME WARGA NEGARA : SEBUAH TINJAUAN LITERATUR. JURNAL GLOBAL CITIZEN.

Monika Anggi Setyawati, F. U. (2022). Pengembangan Wawasan Nusantara dan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Generasi Z. ResearchGate.

Shipa Amalia Saputri, F. U. (2023). PENTINGNYA PEMAHAMAN WAWASAN NUSANTARA BAGI GENERASI Z UNTUK MEMBANGUN RASA NASIONALISME. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

SUSILO ADI PURWANTORO, R. S. (n.d.). MEDIA SOSIAL: PERAN DAN KIPRAH DALAM PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia .

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.

Published

2025-04-30

How to Cite

Alfinatun Nikmah, N. F., Nur Fadhilah, A., Syafira Mukhofifah, I., Salsabila Hermanto, A., Adilah Re Falda, T., & Ghozali, I. (2025). PENTINGNYA PEMAHAMAN WAWASAN NUSANTARA BAGI GENERASI Z UNTUK MEMBANGUN NASIONALISME. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal 327–336. https://doi.org/10.3342/jkepmas.v2i1.175

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.