PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS PADA KALANGAN REMAJA TERHADAP NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN
Isi Artikel Utama
Endira Meiliana Radianto Putri
Eka Margi Lestari
M. Rama Mahesa Putra Prasetya
Mutiara Putri Syafa
Saifuddin Zuhri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh game online Mobile Legends pada kalangan remaja terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Salah satu metode yang digunakan adalah metode kuesioner yang dilaksanakan pada bulan Maret 2024, selama 1 minggu. Selama 1 minggu melakukan pengumpulan data kuesioner dan menganilis data, unruk mengetahui pengaruh game online terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara bermain Mobile Legends dan perubahan dalam nilai-nilai kewarganegaraan, seperti cinta tanah air, nasionalisme, dan persatuan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana penggunaan game online dapat mempengaruhi perkembangan nilai-nilai kewarganegaraan pada remaja, yang dapat menjadi dasar untuk pengembangan pendekatan pendidikan yang lebih holistik dalam mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai sosial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kuesioner dapat mengetahui pengaruh game online untuk dan memperkuat nilai-nilai kewarnegaraan dan sebagai landasan developer game online untuk mengelola pengaruh game online terhadap nilai-nilai kewarganegaraan pada remaja.
Agustin, dkk, 2023. Disiplin Dalam Pendiikan, PT. Literasi Nusantara Abadi Group : Malang.
Agustin, D., dkk, 2023,”Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Cara Dalam Membangun Kepercayaan Diri Remaja Sebagai Pertahanan Terhadap Bullying: Tinjauan Sosial Budaya”, Jurnal Ilmu Humaniora, vol. 7, no. 2, hh. 316-329.
Arianto, I., dkk, 2013,”Peran Guru Pendidikan Pancasila dam Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik”, Jurnal PPKn UNJ Online, vol. 1, no. 2, hh. 1-15.
Fallo, K., dkk, 2023,”Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Meminimalisir Kecanduan Game Online pada Anak Usia Sekolah”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 2, hh. 1128-1133.
Fanani, L., dkk, 2019,”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemain dalam Permainan MOBA (Studi Kasus : Mobile Legends : Bang-Bang!)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, hh. 2558-2566.
Greitemeyer, T. (2019). The contagious impact of playing violent video games on aggression: Longitudinal evidence. Aggressive Behavior, 45(6), 635–642.
Hamdani, A., & Dewi, D., 2021,”Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Bersosialisasi dan Membangun Karakter Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 13, no. 1, 105-113.
Indarta Y, dkk, 2022,”Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan”, Jurnal Basicedu, vol.6, no.3, hh. 3351-3363.
Maharani, T., dkk, 2023,”Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough”, Jurnal Teknik Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, 56-66.
Renjani, S. A., Lukman, & Irmansyah J., 2023,”Minat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Terhadap Cabang Olahraga E-Sport di Universitas Pendidikan Mandalika”, Empiricism Journal, vol. 4, no. 2, 629-640.
Rompas, Y., Zakarias, J., & Kawung, E., 2023,”Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi”, Jurnal Ilmiah Society, vol. 3, no. 1, 1-11.
Mutiarani, M. N., Keliat, B. A., & Susanti, H., 2023, "Hubungan Penggunaan Game Online terhadap Perilaku Agresif Remaja Pengguna Game Online", Jurnal Keperawatan, vol. 15, no.3, 1455-1462.
Theresia, S., Blestina, M., & Agusalim. (2020). Hubungan Frekuensi, Lama Dan Tingkat Keterikatan Game Online Dengan. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 03(01).
Tirtoni, F., 2022,”Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda: Di Era Society 5.0”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 2, hh. 210-224.
Utami, A. T., Bandarsyah, D., & Sulaeman, S., 2022,”Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar”, Jurnal Education FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, hh. 899-907.
Yodfiatfinda, dkk, 2023. Tren Perkembangan Grafika Komputer Pada Masa Kini, Pena Persada : Banyumas.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).