PENGARUH GAME ONLINE MOBILE LEGENDS PADA KALANGAN REMAJA TERHADAP NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN
Isi Artikel Utama
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh game online Mobile Legends pada kalangan remaja terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Salah satu metode yang digunakan adalah metode kuesioner yang dilaksanakan pada bulan Maret 2024, selama 1 minggu. Selama 1 minggu melakukan pengumpulan data kuesioner dan menganilis data, unruk mengetahui pengaruh game online terhadap nilai-nilai kewarganegaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara bermain Mobile Legends dan perubahan dalam nilai-nilai kewarganegaraan, seperti cinta tanah air, nasionalisme, dan persatuan. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana penggunaan game online dapat mempengaruhi perkembangan nilai-nilai kewarganegaraan pada remaja, yang dapat menjadi dasar untuk pengembangan pendekatan pendidikan yang lebih holistik dalam mengintegrasikan teknologi dengan nilai-nilai sosial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode kuesioner dapat mengetahui pengaruh game online untuk dan memperkuat nilai-nilai kewarnegaraan dan sebagai landasan developer game online untuk mengelola pengaruh game online terhadap nilai-nilai kewarganegaraan pada remaja.
Agustin, dkk, 2023. Disiplin Dalam Pendiikan, PT. Literasi Nusantara Abadi Group : Malang.
Agustin, D., dkk, 2023,”Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Cara Dalam Membangun Kepercayaan Diri Remaja Sebagai Pertahanan Terhadap Bullying: Tinjauan Sosial Budaya”, Jurnal Ilmu Humaniora, vol. 7, no. 2, hh. 316-329.
Arianto, I., dkk, 2013,”Peran Guru Pendidikan Pancasila dam Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik”, Jurnal PPKn UNJ Online, vol. 1, no. 2, hh. 1-15.
Fallo, K., dkk, 2023,”Sosialisasi Peranan Orang Tua Dalam Meminimalisir Kecanduan Game Online pada Anak Usia Sekolah”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 2, hh. 1128-1133.
Fanani, L., dkk, 2019,”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pemain dalam Permainan MOBA (Studi Kasus : Mobile Legends : Bang-Bang!)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, hh. 2558-2566.
Greitemeyer, T. (2019). The contagious impact of playing violent video games on aggression: Longitudinal evidence. Aggressive Behavior, 45(6), 635–642.
Hamdani, A., & Dewi, D., 2021,”Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Bersosialisasi dan Membangun Karakter Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 13, no. 1, 105-113.
Indarta Y, dkk, 2022,”Metaverse: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan”, Jurnal Basicedu, vol.6, no.3, hh. 3351-3363.
Maharani, T., dkk, 2023,”Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough”, Jurnal Teknik Informatika dan Komputer, vol. 2, no. 2, 56-66.
Renjani, S. A., Lukman, & Irmansyah J., 2023,”Minat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Terhadap Cabang Olahraga E-Sport di Universitas Pendidikan Mandalika”, Empiricism Journal, vol. 4, no. 2, 629-640.
Rompas, Y., Zakarias, J., & Kawung, E., 2023,”Pengaruh Game Online Terhadap Interaksi Sosial di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi”, Jurnal Ilmiah Society, vol. 3, no. 1, 1-11.
Mutiarani, M. N., Keliat, B. A., & Susanti, H., 2023, "Hubungan Penggunaan Game Online terhadap Perilaku Agresif Remaja Pengguna Game Online", Jurnal Keperawatan, vol. 15, no.3, 1455-1462.
Theresia, S., Blestina, M., & Agusalim. (2020). Hubungan Frekuensi, Lama Dan Tingkat Keterikatan Game Online Dengan. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 03(01).
Tirtoni, F., 2022,”Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Generasi Muda: Di Era Society 5.0”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 6, no. 2, hh. 210-224.
Utami, A. T., Bandarsyah, D., & Sulaeman, S., 2022,”Dampak Game Mobile Legends Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa Kelas V di Sekolah Dasar”, Jurnal Education FKIP UNMA, vol. 8, no. 3, hh. 899-907.
Yodfiatfinda, dkk, 2023. Tren Perkembangan Grafika Komputer Pada Masa Kini, Pena Persada : Banyumas.
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).