DAMPAK SOSMED DALAM PERKEMBANGAN MEDIA DAKWAH UMAT ISLAM

Penulis

  • Fatiha Azzahra Kurniasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Muhammad Aliyudin Atamsyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Alfina Zahrah Umardi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Najwa Avrilya Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Saifuddin Zuhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.3342/jursih.v2i2.123

Kata Kunci:

Media Sosial, Islam, Dakwah, Digital, Komunikasi

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran media sosial dalam evolusi media dakwah Islam. Media sosial kini menjadi instrumen penting untuk membantu upaya dakwah dan penyebaran pengetahuan di era digital ini. Para pengkhotbah dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan inklusif dengan memanfaatkan platform seperti X, YouTube, Instagram, Tiktok, dan lainnya yang melampaui batasan geografis dan demografis. Studi ini meneliti cara-cara penggunaan media sosial oleh para pengkhotbah dalam menyebarkan prinsip-prinsip Islam dan meningkatkan kesadaran beragama di seluruh umat. Berbagai konten jaringan media sosial dianalisis sebagai bagian dari metodologi penelitian kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya meningkatkan jumlah pendengar dakwah, tetapi juga memungkinkan komunikasi yang lebih intim dan langsung antara dai dan pengikutnya. Namun, ada beberapa tantangan yang muncul, seperti penyebaran informasi yang tidak akurat dan potensi polarisasi. Dapat disimpulkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam pengembangan media dakwah Islam, meskipun masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi tantangan yang ada dan memaksimalkan potensi positifnya.

Referensi

Abidin Pandu Wirayuda, A. F., Dayintasya Ratih Pasama, M. A. Nurhayati, & Aditia Muhammad Noor. (2023). Islam dan tantangan dalam era digital: Mengembangkan koneksi spiritual dalam dunia maya. Al-Aufa : Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, 5(1), 1-12.

Achfandhy, M. I., Khoirurrijal, & Ariyanto, B. (2023). Kontestasi wacana moderasi beragama di media sosial [Contestation of religious moderation discourse on social media]. Pustaka Tanah Agung.

Azizah, F. P. (2023). Mengenal lebih dekat dakwah perempuan di era media sosial: Strategi dakwah Ustadzah Halimah Alaydrus melalui YouTube dan Instagram. Al Imam: Jurnal Manajemen Dakwah, 6(1), 35-49. p-ISSN: 2086-1265, e-ISSN: 2685-8487.

Febriani, S. R., & Desrani, A. (2021). Pemetaan Tren Belajar Agama Melalui Media Sosial. Jurnal Perspektif, 14(2), 312–326. https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.49.

Fathia Nur Shabrina, M. N. Abdurrazaq, & Alfi Satria. (2023). Penggunaan akun TikTok @husainbasyasman sebagai media dakwah terhadap minat mahasiswa komunikasi penyiaran Islam IAI-ALAZIS dalam pembuatan konten dakwah. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(1), 177-184.

Fajrussalam, H., Farhatunnisa, G., Realistiya, R., Rosyani, W. A., & Rahmawati, Y. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Dakwah Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2337–2447. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.318.

Habibi, M. (2018). Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial Pada Era Milenial. Al-Hikmah, 12(1), 101–116. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i1.1085.

Ismah Faturohmi & Chairiawaty. (2022). Pesan Dakwah Dalam Akun @Basyasman00. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 24–30. https://Doi.Org/10.29313/Jrkpi.V2i1.861.

Jurnal Manajemen Dakwah Volume X, Nomor 1, 2022, 151-169 Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta p-ISSN: 2338-3992, e-ISSN:2797-9849. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd

Lestari, S. P. (2021). Personal branding Ustadz Abdul Somad menggunakan media sosial Instagram @ustadzabdulsomad_official. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Lisa Oktariani. (2022). Analisis pesan dakwah Husain Basyaiban pada media aplikasi TikTok. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 7(2), 1-12. DOI: https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i1.606.

Munandar, S. (2022). Metode dakwah Ustadz Abdul Somad menurut persepsi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Nur Aksin. (2016). Pandangan Islam terhadap pemanfaatan media sosial. Jurnal Ilmu Umat, 2(2), 1-12.

Ramdhan, A. N., & As’ad, M. (2021). Analisis metode dakwah Ustadz Abdul Somad di media sosial (studi kasus chanel youtube Ustadz Abdul Somad official edisi Januari-Maret 2021). Spektra Komunika, 1(1), 11-56.

Randani, Y. N. F., Latuconsina, J. Z., & Purwanto, M. R. (2021). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial. E, 15.

Sinta Pratiwi, C. (2022). Platform Tiktok Sebagai Representasi Media Dakwah Di Era Digital. Jisab: The Journal Of Islamic Communication And Broadcasting, 2(1), 50–65. https://Doi.Org/10.53515/Jisab.V2i1.16.

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan Media Sosial: Menebar kebaikan tanpa diskriminasi. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(1), 173–190. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083.

Wardani, N. (2023). Adab bersosial media dalam pandangan Islam. Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan. DOI: https://perpustakaan.uad.ac.id/adab-bersosial-media-dalam-pandangan-islam.

Yustina, M., Zahratul, N., Huwaidah, N., Fajrussalam, H., & Ramadhan, O. (2022). Analisis Metode Dakwah Husain Basyaiban di Media Sosial TikTok. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 9(2), 323-336. doi:http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v9i2.17853.

Zuhri, A. M. (2021). Beragama di ruang digital: Konfigurasi ideologi dan ekspresi keberagamaan masyarakat virtual [Religion in digital space: Ideological configuration and expression of religiosity in virtual society] (H. Ikmal, Ed.). Nawa Litera Publishing

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Diterbitkan

2024-11-14

Cara Mengutip

Azzahra Kurniasari, F., Atamsyah, M. A., Umardi, A. Z., Avrilya, N., & Zuhri, S. (2024). DAMPAK SOSMED DALAM PERKEMBANGAN MEDIA DAKWAH UMAT ISLAM. Jurnal Studi Islam Dan Hukum Syariah, 2(2), Hal 229–239. https://doi.org/10.3342/jursih.v2i2.123

Terbitan

Bagian

Artikel