NORMALISASI BAHASA NON-FORMAL: PERAN INFLUENCER DALAM MENGGESER BATAS KESOPANAN BERBAHASA DI RUANG PUBLIK DIGITAL
Isi Artikel Utama
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perihal normalisasi bahasa non-formal di ruang publik digital, dengan fokus kepada peran influencer dalam menggeser batas kesopanan berbahasa. Pada era media sosial, influencer memiliki fungsi sebagai agen of change yang mampu menginspirasi bentuk komunikasi dan penggunaan bahasa di kumpulan pengikut mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui analisis konten. Penelitian ini untuk mengetahui pola penggunaan bahasa non-formal yang dibawa oleh influencer, serta dampaknya terhadap batas kesopanan berbahasa di kalangan publik. Hasil penelitian membuktikan bahwa bahasa non-formal, menjadi norma baru di media sosial, menggerakkan pengikut untuk mengikuti bentuk komunikasi tersebut. Selain itu, influencer sebagai pembawa perubahan mewujudkan lingkungan yang lebih inklusif, dimana jenis tersebut dianggap sebagai bentuk kebebasan berekspresi, meskipun hal ini dapat melanggar norma-norma kesantunan bahasa yang ada. Penelitian ini juga menemukan adanya perbedaan dalam penerimaan bahasa non-formal, dimana beberapa individu menyambut dengan baik perubahan ini, sementara yang lain merasa khawatir akan penurunan kualitas kesopanan dalam berkomunikasi. Penelitian ini memberikan pengetahuan mendalam mengenai sistem bahasa dalam konteks sosial yang terus berubah, serta hubungan terhadap interaksi di ruang publik digital. Demikian, temuan ini diharapkan dapat bermanfaat pada pemahaman tentang bagaimana perkembangan teknologi dan pengaruh sosial dapat merubah kebiasaan berbahasa dan kesopanan dalam komunikasi di masyarakat modern.
Gultom, M., & Rahmadini, N. (2022). Hubungan Penggunaan Bahasa di Media Sosial dengan Kesopanan di Kalangan Siswa.
https://doi.org/10.31219/osf.io/dq8wy
Prasanti, D. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Penurunan Kesopanan Berbahasa pada Remaja. Jurnal Internasional Pendidikan Bahasa Inggris dan Linguistik (IJoEEL).
https://doi.org/10.33650/ijoeel.v5i1.5526
Duskaeva, L., & Рашидовна, Д. (2020). Etika Berbicara dalam Komunitas Daring: Analisis Linguistik Media. Jurnal Linguistik Rusia , 24, 56-79.
https://doi.org/10.22363/2687-0088-2020-24-1-56-79
Zainurrahman, Z., & Kofau, M. (2020). Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Virtual Publik.
https://doi.org/10.5281/ZENODO.4047249
Chandra, O. (2021). Kesopanan dalam Penggunaan Bahasa di Media Sosial. E3S Web of Conferences.
https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131702027
Schivinski, B., & Dabrowski, D. (2016). Pengaruh komunikasi media sosial terhadap persepsi konsumen terhadap merek. Jurnal Komunikasi Pemasaran , 22, 189 - 214.
https://doi.org/10.1080/13527266.2013.871323
Kurmanbekova, Z., Sarekenova, K., & Malikov, K. (2023). Tentang Budaya Bicara di Jejaring Sosial.
https://doi.org/10.47526/2023-1/2664-0686.14
Li, X., & Feng, J. (2022). Dipengaruhi atau dipengaruhi: Melibatkan influencer media sosial dalam nation branding melalui lensa keaslian. Global Media and China , 7, 219 - 240.
https://doi.org/10.1177/20594364221094668
Shoira, S. (2023). KESOPANAN VERBAL DAN NONVERBAL: ANALISIS PERBANDINGAN. TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DALAM INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DAN PENDIDIKAN. https://doi.org/10.37547/goal-11
Sultan, F., & Norazhar, K. (2022). Kesantunan Berbahasa dalam Jejaring Sosial di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Atas: Analisis Prinsip Kesantunan. Jurnal Bahasa.
https://doi.org/10.37052/jb22(1)no6
Anwar, M., Murtadho, F., Boeriswati, E., Yarmi, G., & Rosa, H. (2021). Model analisis penggunaan bahasa Indonesia yang tidak santun. Linguistics and culture review .
https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns3.1840
A., & Saifullah, A. (2020). (Tidak) Sopan dan (Tidak) Sopan dalam Media Sosial: Kasus Kata Ganti dan Proposisi dalam Komentar Twitter. Prosiding Konferensi Internasional ke-4 tentang Seni, Bahasa, dan Budaya (ICALC 2019) .
https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.047
Julia, J., Kurnia, D., & Sudin, A. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Kesopanan Berkomunikasi: Survei Terhadap Siswa Calon Guru Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar.
https://doi.org/10.17509/MIMBAR-SD.V5I3.14492
Ge, J., & Gretzel, U. (2018). Retorika emoji: perspektif influencer media sosial. Jurnal Manajemen, 34, 1272 - 1295. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1483960
Hartini, N., Arbi, D., Tharbe, I., & Sumari, M. (2023). Kesantunan Berbahasa Tulis (Pesan Singkat di Media Sosial) dan Kecerdasan Emosional: Studi di Indonesia dan Malaysia. Psychology Research and Behavior Management, 16, 1141 - 1147. https://doi.org/10.2147/PRBM.S400783
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).