PENTINGNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN RASA NASIONALISME MAHASISWA
Isi Artikel Utama
Nasionalisme dapat dikatakan sebagai salah satu bagian daripada aspek yang paling penting daripada suatu identitas serta persatuan dari suatu bangsa. Perkembangan daripada nasionalisme sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat. Di era yang didominasi oleh keberadaan globalisasi serta perkembangan teknologi ini, banyak sekali terjadi perubahan baik dari segi pola pikir, budaya, kebiasaan sehari-hari, maupun sifat yang tertanam di dalam diri seseorang. Sehingga hal ini dikhawatirkan dapat merubah jati diri serta jiwa nasionalisme orang indonesia yang sudah mendarah daging dari zaman nenek moyang kita, terutama pada pemuda maupun pemudi indonesia yang diharapkan akan memimpin bangsa kita kelak. Maka dari itulah, pendidikan kewarganegaraan harus jadi materi pembelajaran yang sangat amat penting untuk diajarkan pada pelajar di Indonesia. Penanaman jiwa nasionalisme di kalangan mahasiswa sangat penting bagi berkembangnya jati diri serta persatuan bangsa Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan berperan besar dan sangat penting dalam membentuk kesadaran nasional generasi muda, yang akan jadi bagian daripada pemimpin di masa depan serta dalam pengambilan keputusan suatu negara. Studi ini mengkaji pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan nasionalisme di kalangan mahasiswa, dengan fokus pada dampaknya terhadap rasa identitas nasional dan keterlibatan sipil mereka kelak sebagai bagian daripada Warga Negara Indonesia.
Azmi, Shofiyatul. Pendidikan Kewarganegaraan Merupakan Salah Satu Pengejawantahan Dimensi Manusia sebagai Makhluk Individu, Sosial, Susila, dan Makhluk Religi. Likhitaprajna, vol. 18, no. 1, 2016, pp. 77-86 https://www.neliti.com/id/publications/235045/pendidikan-kewarganegaraan-
Dewirahmadanirwati, 2019, Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Umtuk Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Dikalangan Generasi Muda Harapan Bangsa Dalam Era Globalisasi, (Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic), Vol. 3 No. 3 https://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/380
Hennessy, C. H., & Walker, A. (2011). Promoting multi-disciplinary and interdisciplinary ageing research in the United Kingdom. Ageing and Society, 31(1), 52.
Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative research methods. SAGE Publications Limited.
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ILMU Sosial Jakarta: Salemba Humanika.
https://www.researchgate.net/publication/359652702_Metodologi_Penelitian_Kualitatif
Isnaini, 2022, Internalisasi Nilai Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pilot Project Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, Jurnal Pendidikan Berkarakter, Vol. 5 No. 1 April 2022 INTERNALISASI NILAI NASIONALISME MAHASISWA MELALUI PILOT PROJECT PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | Isnaini | Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter (ummat.ac.id)
Khairunisa, W., & Damayanti, S. (2023). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Suatu Negara pada Generasi Milenial Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9 (1), 35 42 https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1209
Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. BuletinPsikologi, 12(2).
https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/7469
Kurniaa. H, 2022, Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Muhammadiyah Mlati Sleman, AoSSaGCJ, Vol. 2, Issue 2, (2022) Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membangun Jiwa Nasionalisme Siswa SMA Muhammadiyah Mlati Sleman | Academy of Social Science and Global Citizenship Journal (ucy.ac.id)
Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam membangun civic conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34-46 https://repository.lppm.unila.ac.id/19982/
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Yasri Rifa’i, 2023, Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset Jurnal Ilmu Sosial dan HumanioraVol. 1. No. 1., Juli 2023 Hal. 31-37 Rifa'i+Cendib_31-37.pdf