Manajemen Krisis di Radio GEN FM Surabaya : Analisis Peran Public Relations dalam Mempertahankan Kepercayaan Publik
Isi Artikel Utama
Muhammad Zaidan Abiyyu Ro'in
Faisa Alifia Nahwa
Aisyah Mazro’atul Khoiriyah
Moh Riswandha Imawan
Penelitian ini meneliti strategi Manajemen krisis yang diterapkan oleh Radio GEN FM Surabaya dalam mempertahankan kepercayaan publik terhadap krisis yang terjadi. Melalui pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara terhadap informan, penelitian ini menggambarkan metode yang digunakan GEN FM Surabaya dalam menghadapi penurunan audiens dan memperkuat brand awareness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GEN FM Surabaya menerapkan strategi marketing 3.0 melalui aktivitas on-air, off-air, dan online untuk meningkatkan keterlibatan audiens. Selain itu, GEN FM Surabaya juga melakukan kegiatan promosi terhadap produk yang dimiliki, memasang iklan di beberapa stakeholders, dan memanfaatkan media sosial untuk kampanye interaktif. Meskipun sempat mengalami kendala, GEN FM berhasil meningkatkan jumlah pendengar hingga mencapai 145.000 yang membuktikan efektivitas strategi respons krisis yang diterapkan. Namun, GEN FM harus terus berinovasi dan mengikuti perkembangan gaya hidup audiens. Hal tersebut dikarenakan GEN FM masih dalam tahap melakukan strategi untuk terus meningkatkan jumlah audiens dalam masa krisisnya.
Agustina, T. S., & Putra, M. N. C. (2021). Kreativitas Para Pekerja Kreatif Radio Gen 103.1 FM Surabaya Ditinjau Dari Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 63–76. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.212
Arif, M., & Riyanto. (2021). Analisis Kegiatan Off-Air Radio Hot 93 , 2 Fm Dalam. Journal of Creative Communication, 3(1), 14–25.
Azzahra, F. A., Wardani, I., Nur, L., & Wulandari, R. (2023). Risiko Politik Dalam Dunia Bisnis. JMCBUS : Journal of Management and Creative Business, 1(3), 49–69.
Damayanti, R., Santoso, T. S. I., & Tecoalu, M. (2024). Eksistensi Radio Melalui Konvergensi Siaran di Era Digital. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 125–135. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.3592
Darmawan, B., Cahyani, N., & Arisanty, M. (2019). Perencanaan Strategi Public Relations Garuda Indonesia Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 249. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6108
Handoyo, R. D., Erlando, A., & Septiyanto, I. (2020). Evaluating the COVID-19 Pandemic’s Impact on Indonesia’s Economic Growth, Unemployment, and Poverty. EcceS (Economics, Social, and Development Studies), 7(1), 1. https://doi.org/10.24252/ecc.v7i1.13382
Hidirani Rossa, S. U. A. (2020). Peran Penting Public Relations di PSS. Pssleman.Id, 1(1), 179–202. https://pssleman.id/peran-penting-public-relations-di-pss/
Indah Pratiwi, N., Surya Rossitha, N. M. O., Subanda, I. N., & Darma Paramatha, I. G. N. (2023). Ekologi Media Oleh Radio Republik Indonesia (Rri) Denpasar Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(1), 114–128. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i1.18
Kusuma, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Media Radio Melalui Program On-Air. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 20. https://doi.org/10.31764/jail.v6i1.11140
Maytrisa, W., & Matondang, M. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Radio Sergai FM dalam Mempertahankan Eksistensinya di Era Digital. 6(5), 1636–1644.
Nurjanah, R. P., & Puspasari, D. (2022). Efektivitas Media Sosial Whatsapp sebagai Media Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa pada Mata Kuliah Praktik Administrasi Perkantoran.
Peny Meliaty Hutabarat. (2020). Pengembangan Podcast Sebagai Media Suplemen Jurnal Sosial Humaniora Terapan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 107–116.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rasyid, M. R. R., & Utami, M. (2023). Manajemen Krisis Pt. Berkah Wong Cilik “Shabu Hachi” Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), 201–208. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.12
Raturoma, J. M. A., & Wijaya, L. S. (2019). Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Taman Wisata Candi Borobudur. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 114–125. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i2.916
Rizal, M. R. R., & Wondabio, L. S. (2023). Analisis Inkonsistensi Antara Kinerja Dengan Kepercayaan Publik Pada Komisi Pemberantasan Korupsi. Jurnal Aplikasi Akuntansi, 7(2), 236–253. https://doi.org/10.29303/jaa.v7i2.192
Sulistyo, A. (2017). Analisis “Marketing 3.0” pada Perusahaan PT. Radio Suara Indrakila (KR Radio 107,2 FM) Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil - Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 7(September), 12–19. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/2834
Supiyanti, R. (2020). Preferensi Dan Loyalitas Sebagai Gaya Konsumen Dalam Membangun Kepercayaan Terhadap Pesan Iklan Radio. 02(02), 178–188.
Suttrisno. (2021). Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi delajar siswa mi muhammadiyah 5 surabaya. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–10.
Ulfa, N., Suadnya, W., & Khusnia, H. N. (2019). Manajemen Krisis Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara Pada Saat Gempa Bumi Lombok 2018 Crisis Management of North Lombok District Government Public Relations During The Lombok Earthquake In 2018. Journal of Media and Communication Science, 2(2), 97–115.
Usman, Y. (2014). Peran Public Relations dalam Manajemen Isu dan Komunikasi Krisis. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 0(0), 104–131.
Widodo, R. W. (2023). Proses Produksi Program Berita “Flash News” Pada Radio Mahardhika FM Kota Blitar.
Youngblood, S. (2010). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding, 2nd Edition (Coombs, W. T.) and Handbook of Risk and Crisis Communication (Heath, R. L. and O’Hair, H. D., Eds.) [Book reviews. IEEE Transactions on Professional Communication, 53(2), 174–178. https://doi.org/10.1109/tpc.2010.2046099
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.
Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.
Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).
Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.
Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.
Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).
Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.
Ghozali, I., Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Illiyyina, I. (2025). The Influence of the Merdeka Curriculum on the Digitalization of Religious Education Learning. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(5), 554-564.


