Pengimplementasian Nilai Bela Negara Di Bidang Pendidikan Sebagai Fondasi Utama Dalam Membangun Semangat Nasionalisme Pada Era Globalisasi
DOI:
https://doi.org/10.3342/jkepmas.v1i3.138Keywords:
Pendidikan, Era Globalisasi, NasionalismeAbstract
Pada artikel ini berfokuskan pada penerapan nilai-nilai bela negara dan cara untuk mengimplementasikan serta membangun semangat nasionalisme di era globalisasi. Identitas nasional merupakan salah satu faktor yang dapat dipengaruhi oleh perkembangan globalisasi, maka pendidikan dianggap sebagai komponen yang memiliki fungsi untuk memperkuat identitas nasional melalui integrasi pada nilai-nilai bela negara, kewarganegaraan, pendidikan formal maupun non formal. Di dalam penelitian ini, pengajaran nilai-nilai bela negara yang diterapkan dengan baik dapat memperkuat identitas nasional, serta menyoroti pentingnya kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah untuk membangun kebijakan serta program pendidikan yang dapat beradaptasi dengan perubahan globalisasi tanpa menghilangkan nilai-nilai lokal didalamnya. Selain itu, pengajaran pendidikan dalam ranah kontekstual dapat memperdalam pemahaman agar siswa dapat mengetahui pentingnya nasionalisme dan melatih pemahaman kritis terhadap isu-isu global. Secara keseluruhan, artikel ini memberikan wawasan mengenai pentingnya pendidikan di era globalisasi serta dapat memperkuat semangat nasionalisme yang berkelanjutan.
References
Dahliyana, Asep, Encep Syarif Nurdin, Dasim Budimansyah, and Ace Suryadi, ‘Pendidikan Pendahuluan Bela Negara Melalui Pendidikan Kewarganegaraan’, Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17.2 (2020), 130–41 <https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.27919>
Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015
Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084
Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/
Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Naufal Dzaky, Firnanda Kinasih Amalia Putri, Eka Saputra, Septia Hana Nabilla, Rafif Aqilah Wahyudi, Imam Ghozali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah penerbit atau JKEPMAS - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.